Wednesday, January 21, 2015

Membaca Cepat dengan Skimming Dan Scanning

Dengan membaca bisa memperluas wawasan kita, yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Namun bagaimana jadinya jika kita masih saja merasa sulit membaca cepat, padahal waktu yang diberikan hanya sedikit. Nah sebelum membaca, sebaiknya kita tentukan terlebih dahulu tujuan utama kita membaca, apa yang dicari dan kalau bisa catat poin-poin yang akan kita cari tersebut.

Dan di tulisan ini, saya akan memaparkan tentang cara membaca dengan skimming dan scanning yang dikemukakan oleh Ron Fry dalam bukunya "How to Study. Jon Fry adalah seorang ahli pendidikan serta pendukung orang tua dan siswa untuk berperan aktif dalam memperkuat program-program pendidikan personal.  

Skimming adalah membaca capat seluruh halaman dengan sekilas atau sekedarnya. Skimming disebut juga dengan prereading. Menurut Jon Fry, ini adalah cara terbaik untuk mulai membaca. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai informasi yang terdapat di dalam buku tersebut. Kemudian, bacalah buku itu secara lebih seksama lalu garis bawahi dan/atau buatlah catatan dalam buku kita. 

Kadang kita diberi tugas membaca banyak oleh dosen atau guru kita, dan hanya dapat diselesaikan dengan membaca skimming. Caranya kita susun dulu pertanyaan yang ingin kita jawab sebelum kita mulai membaca, kita bisa melihat dengan cepat ke dalam materi bacaan dan memperoleh informasi yang kita butuhkan. Jadi, ketika melakukan skimming, kita membaca secara keseluruhan dan hanya mendapatkan garis besarnya saja. Bahkan jika membaca secara mendalam diperlukan, kita bisa mengembangkan proses ini menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih bermanfaat. 

Sedangkan Scanning adalah membaca cepat dengan hati-hati, dan hanya hal-hal yang spesifik saja atau membaca langsung pada sasaran.  Cara scanning juga bisa disebut teknik melompat (skipping). Ketika kita melakukan scanning, kita membacanya secara mendetail, tetapi hanya sampai pada informasi yang kita cari. Scanning merupakan cara membaca paling cepat , walaupun membaca secara mendetail, kita tidak berusaha memahami atau mengingat apapun yang kita lihat sampai kita menemukan sejumlah informasi yang kita cari. Dan biasanya cara scanning digunakan ketika kita hanya mencari sebuah fakta saja dari bacaan tersebut. 

Saya sendiri bahkan kalian juga sebenarnya sudah mempraktekan cara skimming dan scanning. Dan saya paling sering scanning. Biasanya sebelum membaca, selain sudah menentukan poin-poin yang akan dicari, saya juga membaca dulu daftar isinya. Setelah menemukan judul atau subjudul yang relevan langsung saya lompat ke bab yang saya cari untuk membacanya.

Dan saya melakukan skimming kalau dikasih tugas membaca saja oleh dosen atau guru, kemudian sediakan stabilo atau pensil untuk menggaris bawahi hal-hal yang dianggap penting. Dan karena saya juga cukup pelupa, maka saya juga sediakan buku catatan kecil dan menuliskannya kembali.

Gak terasa ngetik udah lumayan, buat teman-teman, baik dengan skimming maupun scanning, kita harus melengkapi diri dengan kemampuan pemahaman yang baik ya. Agar ketika selesai membaca tidak ada hal penting yang terlewatkan. 









No comments: